BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAN LITBANG DAERAH KABUPATEN LUWU
+62 853-3919-9696

Dampingi Gubernur, Kepala Bapplitbangda Jelaskan Potensi Luwu

LUWU – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Luwu, Moch Arsal Arsyad, ikut mendampingi Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menanam sukun dan bibit nangka di Dusun Labokke, Desa Puty, Kamis, (29/2/2024).

Usai penanaman, yang mendampingi Penjabat Bupati Luwu, Muhammad Saleh, Kepala Bappelitbangda, menjelaskan potensi pembangunan di lahan Pemkab Luwu di Dusun Labokke, Desa Puty, Kecamatan Bua.

“Luas lahan Pemkab Luwu di area ini 50 hektar. 5 hektar sudah kami hibahkan untuk pembangunan Mako Brimob yang sudah berdiri di hadapan kita,” ujar Arsal.

“Kemudian 11 hektar sudah kami hibahkan untuk pembangunan kampus Institut Agama Islam Negeri, IAIN Palopo. Sisah nya, sangat potensi untuk pembangunan sarana pemerintah dan pengembangan pertanian atau perkebunan,” lanjut Arsal.

Mantan Kepala BKAD Luwu ini, kemudian menyampaikan, perencanaan Pemkab Luwu yang tertuang dalam RPJPD 2025-2045, akan membangun rumah sakit regional di lokasi tersebut.

Selain mengandalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Luwu sendiri, pembangunannya tentu diharapkan adanya bantuan baik dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Rumah sakit regional Bua ini sangat mendukung keberadaan Mako Brimob, Bandara Bua dan berada dalam akses jalan nasional Luwu-Toraja dan Kota Palopo,” ujarnya.

Area ini juga sangat menunjang pengembangan pertanian dan perkebunan. Bahkan Arsal menjelaskan, Luwu berencana akan menjadikan kawasan tersebut sebagai kawasan agrowisata.

“Kami berharap dukungan Pak Gubernur, agar cita-cita kami dan harapan masyarakat Kabupaten Luwu akan pembangunan Luwu 2025-2045 bisa terwujud,” tutupnya.

=